follow me

Senin, 10 September 2012

Giveaway Duet from Blossom Craft by Fenny and Populi Plus



Blossom Craft by Fenny and Populi Plus present:
“Giveaway duet from Blossom Craft by Fenny and Populi Plus ”
Yeay, kali ini untuk pertama kalinya Blossom Craft by Fenny dan kedua kalinya untuk Populi Plus mengadakan giveaway! Giveaway ini diadakan dalam rangka untuk mengenal lebih jauh segala hal tentang Populi Plus dan Blossom Craft by Fenny, tentang pendirinya, produknya, sampai dengan sepak terjangnya didunia crafting :) yuk langsung saja simak perkenalan dan wawancara berikut ini:
Dibalik layar Populi Plus ada mbak Ratih yang berhasil melahirkan produk-produk handmade dari tangan terampilnya dengan ditambah skill menjahit yang tidak diragukan lagi.. Mari kita tanya mbak Ratih tentang Populi Plusnya *cussss

1. Sejak kapan populi plus berdiri?
Populi Plus sebenarnya sudah ada mulai akhir tahun 2010 (tanggal dan bulan tepatnya lupa) hehehee. Awal mulanya Populi Plus berupa produk  T-shirt. Lalu kami mencoba membuat tas sederhana. Ternyata ketika kami membuat tas itu kami sangat menikmati tahapan-tahapan selama proses pembuatannya. ibarat kata kami merasa mendapatkan "feel-nya". Singkat kata sekitar tahun 2011 kami memberanikan diri untuk memilih  fokus pada produk tas saja.
2. Kenapa dinamakan populi plus?
Pasti sudah banyak juga yang tahu ya arti kata Populi, Dalam bahasa Latin Populi berarti rakyat. Sedangkan kata Plus menunjukkan sesuatu yang lebih / positif. Jadi Kenapa kami memilih nama Populi Plus karena kita ingin menjadi orang-orang yang lebih berani mengekspresikan ide-ide dalam suatu produk. Lebih menghargai karya dan kreativitas orang dalam menciptakan suatu produk terutama homemade/industri rumahan.
3. Produk apa saja yang sudah diproduksi?
Produk yang sudah kami hasilkan berupa tas yang rata-rata untuk wanita. Tapi beberapa bulan terakhir ini kami juga membuat tas unisex, jadi bisa juga dipakai untuk laki-laki. Untuk jenisnya produknya sih seperti yang umum beredar dipasaran, passport case, wristlet, tote, handbag, dan semi traveling bag. Bahan-bahan yang kami gunakan beragam mulai dari kain, canvas, kulit imitasi hingga kulit asli.
4. Apa ciri khas dari produk yang dihasilkan oleh populi plus?
Sejauh ini kami masih dalam proses mencari apa yang bisa menjadi ke-khas-an dari produk kami. Kami hanya bebas mengekspresikan ide-ide dalam produk populi plus tanpa harus memikirkan ciri khas dalam produk kami. Tapi ada dua hal yang mungkin bisa mewakili ke-khas-an kami adalah homemade dan berani menggunakan design sendiri. 
5. Apa saja suka dukanya menjadi crafter di populi plus?
Sukanya adalah bebas. Saya bebas mengekspresikan ide-ide. Dukanya tidak semua ide-ide itu bisa diterjemahkan kedalam suatu produk karena masih adanya keterbatasan. Keterbatasan yang saya maksudkan misalnya keterbatasan teknis dalam pengerjaan produk, keterbatasan kemampuan dan pengetahuan juga informasi baik mengenai  pengetahuan material/bahan, informasi tempat pembelian bahan.  
6. Harapan dan impian mbak ratih untuk populi plus kedepannya?
Salah satu yang menjadi harapan saya ingin punya offline store. Kalo mengenai mimpi kami ingin  jadi terkenal.... heheheheee.... Yaa... Semoga Populi Plus menjadi produk yang berkualitas dan mempunyai nilai lebih. Kedepannya makin banyak  yang mengenal Populi Plus. Disamping itu Harapan dan impian kami ingin meningkatkan apresiasi masyarakat pada umumnya untuk menghargai produk-produk yang berawal dari industri kecil/rumahan. 

Nah itu dia perkenalan dan wawancara bersama mbak Ratih, selanjutnya mari kita simak perkenalan dan wawancara bersama Fenny yang merupakan pendiri dari Blossom Craft by Fenny *cusssss
1. sejak kapan  blossom craft by fenny berdiri?
Blossom Craft by Fenny berdiri pada akhir 2011 lalu sekitar bulan Desember dan tanggalnya sudah lupa hyahaha (sama aja kyk mbak ratih nih :p). Awalnya tertarik dengan kain felt dan tidak ada niatan untuk menjadikannya bisnis. Namun karena terlahir dari keluarga entrepreuneur (baca: kelurga bakulan) aku mulai berfikir untuk menambahkan nilai jual kedalam setiap produk craft yang aku buat ;)
2. kenapa dinamakan  blossom craft by fenny ?
Aku suka bunga, apalagi yang sedang mekar2nya, cantik, fresh dan selalu ditunggu2 kehadirannya. Ya karena ‘nama itu adalah doa’ maka semoga produk yang aku hasilkan ini selalu cantik, fresh dan ditunggu2 kehadirannya oleh tiap pecinta craft :)
3. produk blossom craft by fenny apa saja yang sudah diproduksi?
Blossom Craft by Fenny menghasilkan produk yang kebanyakan berfungsi untuk meng-organize barang2 yg ada disekitar kita. Jadi ada pouch, bb pouch, laptop case, passbook cover dll. Bahan utamanya adalah felt atau kain katun. Paling sering bikin pouch, karena pouch itu pasti dibutuhin oleh setiap orang, buat tempat pensil kek, tempat make up kek, tempat alat menjahit kek masih banyak lagi deh :)
4. apa ciri khas dari produk yang dihasilkan oleh  blossom craft by fenny?
Blossom Craft by Fenny memiliki ciri khas terletak pada desain yang diusung, hasil akhirnya adalah terlihat manis, imut atau cantik. Jadi aku lebih memilih desain yang terlihat manis dari pada glamour atau mewah, karena menurut aku apapun yang terlihat manis setiap orang pasti ingin mengenalnya dari pada apapun itu yang terlihat glamour atau terlalu mewah. Pemilihan motif kain juga ikut turut andil loh dalam menentukan hasil akhir yang manis, imut atau cantik :)
5. apa saja suka dukanya menjadi crafter di  blossom craft by fenny?
Dukanya adalah handmade masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sedih ketika melihat orang lain lebih memilih tas branded luar negeri, padahal kita juga punya produk tas handmade yang gak kalah dengan produk pabrikan itu! Hoshh *emosi jiwa (hahaha)
Sukanya adalah aku bisa terus mendesain! Aku suka meng-create sesuatu, dan latar belakangku sebagai mahasiswa arsitek ternyata memiliki kesinambungan dengan hobbyku yang suka crafting. Apapun yg aku pelajari diperkuliahan bisa aku terapkan saat crafting, tentang warna, tekstur, keseimbangan, proporsi dll. Dan lebih dari itu aku selalu mengingat ingat kata2 salah satu dosenku, bahwa “masyarakat Indonesia adalah masyarakat pengrajin” (*Galih WP. FT-UB) dan aku bangga bisa hidup di nusantara ini, bangga bisa menjadi salah satu pengrajin, meskipun bukan pengrajin dinding gedeg atau atap rumbia yang akhirnya bisa dijadikan rumah adat, tapi dengan menghasilkan produk asli Indonesia dengan kreatifitasku sebagai anak bangsa, aku ingin mengenalkan craft Indonesia kepada seluruh mata didunia!
6. Sejak kapan fenny suka sesuatu hal yang berbau handmade?
Wah kalo ini udah sejak dalam kandungan kali ya? Hehehe :p mulai dari kecil emang suka milih sesuatu yang dibuat oleh tangan dari pada oleh pabrik, lebih tertarik dengan barang2 yg limited dari pada yang pasaran, dan lebih menghargai orisinalitas dari pada plagiasi.
7. kreatif menurut fenny itu apa?
Kreatif itu adalah.. emm.. saat kita bisa menjawab setiap pertanyaan, dan memiliki solusi dari setiap permasalahan, itulah kreatif menurutku.
8. sejauh ini, bgmn fenny lihat tanggapan publik terhadap karya-karya handmade?
Tanggapan publik tentang handmade masih rendah, publik lebih memilih barang yang murah meriah dari pada yang memiliki nilai kreativitas dan kualitas yang tinggi. Boleh lah milih barang murah, tapi ya jangan kebangetan, pengen handmade tapi ditawar dengan harga murah! (*hahahaha curcol dikit ;p)
9. harapan dan impian  fenny untuk  blossom craft  kedepannya?
Harapan ku adalah semoga Blossom Craft by Fenny bisa dikenal baik, pertama dikalangan crafter sendiri lanjut ke pecinta craft hingga masyarakat awam sekalipun. Semoga bisa mewujudkan segala mimpi serta angan2 yg selama ini ada didalam otakku. Semoga produk2 yang dihasilkan dapat meningkat kualitasnya dan semakin beragam. Amiiin3 :)

Nah itu dia perkenalan yang cukup panjang dengan Fenny dan mbak Ratih, sekarang sudah kenal kan dengan mereka berdua? Hehe.. okey deh langsung aja ya ini dia yang ingin dibagi oleh Fenny dan mbak Ratih:

  
mau tau cara mendapatkannya: 
silahkan meluncur kesini ya! thank you :D
semoga menang!

2 komentar:

  1. aaah kerennyaa kedua kakak ini :')
    semangat kakaknyaaa handmade kalian berdua tiada duanya! ;D
    dan untuk kali ini ijinin aku join di GA perdana kak fenny yaa :)
    sukses selalu,
    xoxoxo

    BalasHapus
  2. Halo Tifa, absen komennya di blog ini ya: http://ruangjahitku.blogspot.com/2012/09/giveaway-duet-from-blossom-craft-by.html
    semoga menang :)

    BalasHapus