follow me

Rabu, 03 Oktober 2012

Paper bag from paper envelope :)

Hai, hai.. Blossom lagi sibuk-sibuknya nih nyiapin barang buat ikutan craft carnival.. temen-temen dateng ya ke acara craft carnival yang diadain tanggal 13-14 oktober di Bentara Budaya Yogyakarta :) disana bakalan ketemu crafter-crafter ciamik dengan karyanya yang berbeda satu sama lain karena terdiri dari berbagai macam cabang craft! seruu kan! mari diborong produk-produk anak bangsa ini, yeyeye! go go crafter go! :)


Nah karena ini pengalaman pertama Blossom mengikuti bazar, sangat kelabakan sekali untuk mempersiapkan berbagai macam perlengkapan, seperti kartu nama, stiker dan paper bag.. Tapi dengan sedikit memutar otak akhirnya blossom menemukan ide jenius untuk membuat paper bag :) paper bag biasanya bisa dibuat sendiri dengan kertas apapun itu hanya butuh lem dan dengan teknik lipat, bisa dilihat disini untuk tutorialnya..
Nah karena mepetnya waktu dan tidak mungkin Blossom menggunakan teknik lipat dan ngelem satu persatu belum lagi untuk sablon brandnya.. ahh butuh banyak waktu belom ngurusin kartu nama dan lain-lainnya..
akhirnya karena dirumah banyak amplop coklat ukuran sedang yang terbuat dari kertas samsons, yang biasa aku buat bungkusan kalau ada yang order produk dari blossom, bisa juga dijadikan paper bag ;)
amplopnya semacam ini:
dan jadinya seperti ini:

paper bag

tanpa sablon, tanpa lem dan cepat pengerjaannya :D penasaran gimana cara buatnya? hihihi
jadi rahasianya adalah untuk mencetak brand pada paper bag bisa dengan cara sablon seperti kebanyakan orang tapi disini aku pakai cara print, cukup menggunakan printer biasa dan tinta biasa :) Karena sifat kertas samson ini tidak jauh dengan kertas print biasa, maka untuk tinta dapat menggunakan tinta print yang biasa.. nah untuk masalah ukuran yang memang agak kecil dari kertas A4 biasanya, maka perlu diedit di ms. wordnya.. Edit page layoutnya sesuai dengan ukuran dari amplop, atau menggunakan ukuran yang mendekati.. Disini Blossom menggunakan ukuran B5 pada page layout ms. word.. karena ukuran itu yang paling mendekati.. Selanjutnya letakkan amplop dan print satu persatu (jangan print amplop sekaligus, karena akan merusak amplop).. Jadilah paper bag yang memiliki brand :) untuk masalah handlenya bisa dibolongi sendiri, harus sabar agar hasilnya bisa rapi :D
Selamat mencoba ya, semoga menginspirasi dan jangan lupaa datang ke Craft Carnival :D see ya!

Happy Crafting,
Fenny :)

8 komentar:

  1. paperbagnya bagusss...
    :)

    sampai jumpa di Bentara Budaya :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. iya kahh mbak?hihihi alhamdulillaah :D

      Hapus
  3. salam mba Fenny, saya lagi mau bikin cv nih utk apply magang, nah saya nyari kertas yang tone nya coklat kebetulan warna amplop coklat itu pas sama konsep saya.

    amplop coklat itu bisa diprint pake printer biasa ya mba? trs itu paper bag kok bisa ajadi putih gt warnanya? aduh maaf kl pertanyaan saya aneh2. terimakasih mba atas kesediannnya menjawab :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu pake printer biasa aja kok.. bukan putih itu warna nya coklat, coklatnya kertas samsons :)

      Hapus